Friday, April 08, 2011

Cinta Mereka pada Nabi Muhammad Saw

Diambil dari: Bisyarah

Oleh : Ustadzah Umbuhmaid

Sayyidina Bilal ra, muadzin Nabi SAW, seorang yang asalnya budak dan sekarang kita panggil sayyid (tuan) karena kemuliaannya menjadi sahabat Muhammad SAW.

Setelah wafat Nabi SAW, ia pun meninggalkan kota Madinah, karena merasa tidak mampu untuk tinggal di kota Nabi – tanpa sang Nabi. Selang beberapa waktu setelah tinggal di kota tujuannya, beliau memimpikan Rasulullah SAW yang mengisyaratkan untuk kembali ke Madinah. Maka beliau pun kembali ke Madinah.

Setibanya di Madinah, disambut oleh sayyidina Abu Bakar Shiddiq ra dan memintanya untuk kembali menjadi muadzin di kota Madinah sebagaimana dulu ia adzan untuk Nabi SAW. Beliau menolak, “Tidak akan saya adzan selain untuk Nabi SAW,” katanya.

Sayyidina Umar ra pun memaksa dan Bilal menolak. Sayyidina Ustman dan sayyidina imam Ali ra memaksa dan beliau masih menolak. Maka pulanglah Sayyidina Ali dan membisikkan kepada kedua anaknya, Sayyidina Al-Hasan dan Al-Husain, untuk meminta Bilal adzan di Madinah. Maka ketika sayyidina Al-Hasan dan Al-Husain meminta Bilal untuk adzan, beliau berkata, “Bagaimana saya menolak permintaan yang disampaikan dari lisan yang pernah dikecup Nabi SAW.”

Datang waktu shalat. Bilal naik ke atas mesjid, lalu mengumandangkan:
ALLAHU AKBAR
ALLAHU AKBAR

Sebagian sahabat di Madinah yang tidak mengetahui kedatangan Bilal tersentak kaget, lalu bergembira, seakan terbangun dari mimpinya, “Ada Bilal berarti ada Nabi SAW,” mengharap wafat Nabi SAW cuma mimpi.

ALLAHU AKBAR
ALLAHU AKBAR

Bergegas seluruh penduduk Madinah. Mereka keluar dari rumah mereka dengan hati bergetar penuh kerinduan.

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH

Mereka menuju masjid Nabi SAW, melihat Bilal.

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH

Mencari Rasulullah SAW
Di mana…?
Mana…?

ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH

Gemuruh isak tangisan kesedihan kerinduan para sahabat di kota Madinah. Bilal pingsan, tak meneruskan adzannya.

Yaa Muhammad…!
Hanya Bilal….
Mana Muhammad SAW…?

Di hati mereka, para sahabat, selalu hidup menyinari hati dan keimanan mereka dan di hati para sholihin, pencinta Muhammad SAW, bahkan selalu bersama mereka tak terpisahkan.

شوقي إلى دار الحبيب محمد شوق تمكن في الحشا وتكتما

دار حوت نعم الإله جميعها مذ فيهـا خير عبد قد نمـا

Rinduku pada Muhammad SAW rindu yang tersimpan dan terpendam di hati tempat terkumpulnya seluruh nikmat Allah karena telah tinggal di dalamnya hamba terbaik dan tersuci.
(Syair Al-Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi)

2 comments:

  1. Assalumu`alaikium..salam ukhuwah...Artikel ini memberikan cahaya di mana kita dapat mengamati realitas. Hal ini sangat bagus dan memberikan informasi yang mendalam. terima kasih atas artikel ini, bagus..

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikum salam bib Ali...sama-sama bib, du'akum

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.