Tuesday, June 27, 2006

Konsentrasi

Assalamu'alaikum wr wb

Malam itu saya terbangun sekitar jam 22.30an. Istri dan anak saya di kiri saya, kami tidur lesehan (kasur di lantai) tanpa ranjang. Saya ingat saya belum sholat Isya'. Saya buka HP, baca sms dari guru saya. Beliau minta sesuatu. Sms beliau saya jawab dengan mengirimkan apa yang diminta.

Selimut Haykal (anak saya) saya buka mau lihat dia pipis atau tidak, eh ternyata tidak! Ya sudah saya bangun pergi ke 'belakang', mandi dan wudlu. Selesai wudlu, begitu berdiri hadap kiblat mau sholat sudah mulai takbir, pikiran dan hati tidak mau ikut konsentrasi. Mereka melayang-melayang kesana kemari, bahkan sampai ke hal yang tidak saya pikirkan di luar sholat. Masih susah ternyata saya...

Sayyidy al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Syekh Abubakar bin Salim pernah berkata bahwa dulu al-Imam al-Quthb Sayyidina al-Habib Abdulloh al-Haddad ketika beliau akan sholat, beliau selalu memberikan wasiat para sahabatnya agar kalau beliau pergi sholat agar tidak seorangpun berbicara dengannya. Kenapa? Karena ketika beliau akan pergi ke Mushola untuk sholat, beliau sedang mengumpulkan hatinya untuk mengingat Alloh Swt, mengkonsentrasikan hati dan pikirannya untuk mengingat Alloh Swt.

"Dan sebutlah nama Alloh Tuhan Engkau (dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim pada permulaan membaca dan pekerjaan yang baik)..."
(Q.S. Al-Muzzammil : 8)

Mungkin saya kurang bismillah-nya...

Subhaanaka-lloohumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallohu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.