Friday, December 12, 2014

Sang Waktu

Karena Gus Diduk share tentang ruwatan, Yusa nanya ke yang ada di group Majlasan, “Ruwatan...apa sih sebenernya ruwatan itu? Apa ruwatan itu maksudnya ‘ndandani ben luih nyaman’ (memperbaiki biar lebih nyaman), gitu ya maksudnya ruwatan?

“Waaahh aku belum pernah pernah ruwatan!”, kata Gus Diduk

Yusa senyum sambil bilang, “Aku ya belum pernah Gus Duk. Tapi aku penasaran apa sih tujuan ruwatan itu? Yang dibikin baik di ruwatan itu apa dalam hal apa ya?”.

Gus Yudi tertawa, “Ruwetan pernah tahu gak Yus? Nah ruwatan ini kebalikannya ruwetan!”

“Oooo jadi ruwatan itu membenarkan letak perkara yang ruwet maksudnya Gus Yud?”, Tanya Yusa sambil penasaran.

Belum dijawab sama Gus Yudi, mas Bram masuk ruangan langsung nanya, “Kopdar gak nih besuk malming..?”

Belum sempet dijawab, Gus Diduk udah komen, “Coba..kamu datang ke penjual bakmi jowo...pasti ditawani nasi ruwat…hahaha”…semua tersenyum. Gus Diduk emang jago soal menceriakan suasana.

Gus Yudi coba kasih petunjuk, “Ruwatan itu menghilangkan ‘sukerta’, ruwet bagian dari suker (kotoran)”.

Yusa belum paham juga, “Ngilangin ‘sukerta"? Maksudnya Gus?”

“Ruwatan..itu adat jawa..istilahnya didoakan supaya jauh dari sengkolo (bala')... membersihkan bagian rohani." kata Gus Diduk.

“Ooohh didoakan... Mirip mujahadah kalo gitu ya? Lha tapi ada pembenahan yang ruwet secara ghaib atau gak ya? Misal yang ngruwat itu Gus Diduk, kira-kira Gus Diduk bisa perbaikin yang ghaib di orang yang diruwat atau gak ya?, tanya Yusa.

“Prosesi ruwatan ada pertunjukan waayangnya dan memang ‘dalang’ yang meruwat mereka yang dikategorikan perlu di ruwat.", jawab Gus Yudi.

Mas Bram interupsi, “Lha secara islam..adakah ruwatan. Ru'yah apakah termasuk ruwatan?"

“Islami itu gimana om Bram?", tanya Gus Yudi. "Ruwatan itu bentuk budaya".

Yusa yang belum paham buru-buru menyela, “Sebentaaaarrr... Aq masih belum ngeh sama apa yang dilakuin si peruwat”.

Gus Yudi senyum lalu bilang, “Udah daftar aja, Yuuuss huehehe.....biar paham, aku ya belum pernah diruwat kok”.

“Guuss Gus yudi…interupsi, maksudku tadi...di dalam ajaran islam..adakah yang sama dengan budaya ruwatan?”, mas Bram menyela Yusa.

Gus Yudi lalu menjelaskan tentang ruwatan, “Biasanya di ruwatan itu yang dimainkan wayang adalah lakon wayang murwakala, bethara kolo itu oleh bapaknya yaitu bethara guru hanya diijinkan makan katagori manusia tertentu, naaah supaya si manusia yang terkategori itu gak dimakan si kolo perlu di ruwat. Aku kurang begitu paham yang meruwat tahu ghaib atau gak, tapi nalar sederhananya yo kudune paham banget tapi kalo ruwat pertunjukan budaya ya gak perlu tahu tentang perkara ghaib gak apa-apa.”.

“Naaaah itu aku baru paham Gus Yudi huehehehehe…..!”, kata Yusa setengah teriak saking senengnya dapat gambaran tentang ruwatan. “Energinya yang ngruwat harusnya luar biasa gede dan kuat. Kalo gede insyaallah bisa membenarkan yang kurang rapi, meluruskan yang kudu diluruskan, membengkokkan yang kudu bengkok…gitu Gus Yud?”

Gus Yudi berkata, “Tapi gini Yus, kelihatannya konsep ruwatan itu ritual artinya proses pembersihan by system bukan by oknum. Eh om Bram...naaah ini nih om, keliatannya dalam islam itu mirip sama aqiqah...nebus".

“Kalo gitu ruwatan gak pas kalo dikatakan sama dg ru'yah dong Gus Yudi!", kata Yusa. "Eh by system? Sytem apa Gus?"

“Kalo ru'yah ketempelan kotoran, kalo ini "nebus" ke mbah kolo tadi Yus”

“Aqiqah gak pas menurutku Gus Yud…”

“System ritual itu...kan ada prosesinya diantaranya ya potong rambut”

“Oohh itu prosedurnya… Biasane emang gitu Gus. Tapi mau mau pake cara lain mungkin gak apa-apa”

“Anak tergadai dan harus ditebus...ini juga anak terkondisi harus diamankan

“Jawa biasanya gitu ya Gus…”

“Ya mirip tapi gak sama. Ontang anting - kapit anak tunggal itu contoh yang perlu diruwat, kalo aqiqoh buat semua anak kaaan...!".

“Wali quthb dikatakan yang ngurusi jagad...mungkin memperbaiki ini adalah salah satu tugasnya wali quthb daaan wali-wali di bawahnya

“Pemaknaan lebiih luas dari ruwatan itu Yus...sah...sah ajaa.”

“Bethara kala... Siapa beliau? Aku pengen ketemu Gus Yud. Bethara...apa padanannya secara kata yang biasa dipake orang islam? Malaikat? Bala'?”

Semua mendengarkan obrolan ini, om Ratno lalu nanya, “Kalau  melakukan ruwatan apakah harus dengan pagelaran wayang Gus Yud? Dan sebenarnya aqiqoh itu kewajiban dari orang tua atau anak Gus? Terus kalau ngruwat itu juga dari orang tua atau atas kemauan sendiri bisa?”.

Gus Yudi lalu menjawab. “Iya mas Rat....ruwat murwakala tapi kalo perluasan makna ruwatan ya bisa apa aja ritualnya”.

“Aqiqah itu bukan kewajiban omrat, awal itu orang tua buat anak.", kata Yusa menjawab pertanyaan om Ratno tentang aqiqah.

Gus Yudi senyum, ”Anak wajib birul walidaen mas, orang tua wajib menyayangi anak. Yus, bethoro itu level di bawahnya dewa kali Yus hahahahaha…”

“Mengerti mengerti mengerti, Om Yudi.", kata om Ratno. "Misal nih si anak belum pernah diruwat gmana om?"

“Kalo menurutku sang Kala itu yaa sang Waktu.......mau ketemu?”, tanya Gus Yudi ke Yusa. Yusa senyum-senyum…

“Om Yusa - si anak belum diaqiqoh apa ada akibat atau sengkolo Om?

Yusa mengernyitkan dahinya lalu jawab pertanyaan om Ratno, “Insyaallah gak ada om Rat, selama niatnya gak jelek lhoooo... Kalo belum dilakukan karena jelek niatnya ya lain perkara. Kalo ada udzur insyaallah gak apa-apa".

“Kemungkinan yang anak bethoro guru itu memimpin "kala-kala”  yang lain.....kalo yang itu sulit ditemui kalo kala-kala di bawahnya bisa jadi Yus. Rajah kala cakra katanya ada di dada kala. Bisa muter waktu kalo paham maknanya, minimal bisa dapet ilmu tentang waktu termasuk perhitungan tentang kesialan keberuntungan dsb mangsa pranata mangsa", kata Gus Yudi serius kasih petunjuk ke Yusa.

Yusa langsung nangkep petunjuk Gus Yudi, dan Yusa langsung surfing wuuuzzzzzzz....“Iya gus...ini aku dibawa ke ‘atas’ di dalam kala melihat awesome views. Tengkiu gus...tak surfing sek...


(Bersambung)


Catatan:
Berikutnya tentang hasil surfing si Yusa.

1 comment:

  1. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungi blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.