Sunday, August 13, 2006

Tanya Jawab : Cara Agar Hati Presisi


PERTANYAAN :

Assalamu'alaikum wr wb

Pak Dodi,
Gimana biar hati kita selalu presisi ketika sholat? Gimana melatih hati biar selalu presisi ke Allah ya, pak? Sering kali saat sholat tiba-tiba saya jadi ingat hal-hal yang bahkan jarang terpikirkan ketika di luar sholat, kenapa bisa gitu ya, pak?

Dikatakan pada saya bahwa ada ulama yang berpesan ke muridnya bahwa jika beliau sedang berjalan untuk sholat maka jangan disapa dan sebagainya, beliau sedang 'mengumpulkan' hati agar hadir dalam sholat nanti. Apa ini cara untuk bisa presisi hati kita ke Allah, pak?

Terima kasah banyak ya, pak...
Wassalam, Yusa


JAWABAN :

Wa'alaykumussalam Wr.Wb.

Mas Yusa dan kita semua yang dirohmati Alloh, yang mas sampaikan, adalah masalah besar, saat inipun mungkin kita semua, sangat ingin bisa memperolehnya.

Seorang Ulama yang membimbing saya, beliau mengajarkan apa yang dikatakan oleh Imam Al Ghozali. Presisinya arah hati ini haruslah dilatih. Di Al Qur'an dimaknai dengan kata Kusyu' pada Alloh. Intinya adalah selalu ingat Laa Ilaha Ilalloh.

Menurut Imam Ghozali, ketika sholat, kita harus berusaha mengingat itu. Kalaupun belum bisa keseluruhan waktu saat sholat, setidaknya dilatih di 3 titik, yaitu :
1. Ketika Takbirotul Ihrom.
2. Ketika membaca Fatihah saat sampai pada Ayat Iyyaa kanaa' budu..
3. Ketika Tasyahut saat sampai pada bacaan Asyhadu anlaa ilaaha illallooh..

Demikian yang diajarkan pada saya Mas, jadi dicoba dahulu, setidaknya di tiga titik tadi jangan sampai nggak ingat pada Alloh, lalu ditingkatkan ke lainnya. Insya Alloh kita dapatkan selalu presisinya Arah Hati ini, amiin.

Mungkin saja Mas, beliau ulama tadi, sedang mengumpulkan rasa dihati, karena, coba dipikirkan, ketika kita akan menghadap seseorang yang dihormati (pak Lurah, pak Camat, Bupati, Gubernur, Presiden atau lainnya) saja di dunia, kita juga sering mempersiapkan hati dan pikiran, dan badan, apalagi ketika akan sholat, bukankah yang akan kita temui adalah Yang Maha Terhormat? Sudah selayaknya seperti beliau ulama itu yang kita teladani......mempersiapkan hati sebelum sholat....agar ketika berjumpa saat sholat, tidak "thingak-thinguk" ke arah lainnya, selain ke Wajah Yang Maha Agung...

Gitu kali ya Mas Yusa, semoga kita semua dikaruniai pertolongan oleh Alloh, agar tidak saja ketika sholat Arah Hati kita bisa presisi, namun juga ketika sedang di jalan, di tempat kerja, bersama anak-istri dan handai taulan, amiin.

Wassalam, Dodi

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.