Wednesday, June 03, 2009

Istighfar Bulan Rajab

Oleh: Alhabib Shodiq bin Abubakar Baharun

(Disampaikan dalam majlis Alghofar yaitu majlis pembacaan kitab maulid Simthud Durrar dan mauidloh, rutin setiap malam Rabu pahing di Semarang)

Sekarang kita berada di bulan Rabi'ul Akhir, sebentar lagi kita memasuki bulan Rajab. Kalau Sya'ban adalah bulannya Rasulullah Muhammad Saw maka Rajab adalah bulannya Allah Swt. Jika di bulan Sya'ban kita dianjurkan memperbanyak sholawat, maka di bulan Rajab ini kita dianjurkan memperbanyak istighfar, dianjurkan memohon ampunan atas semua dosa dan kekeliruan kita. Ada banyak jenis istighfar, diantaranya yang dianjurkan dibaca di bulan Rajab adalah "Robbighfiri warhamni watubb alayya" sebanyak 70x sehabis sholat fardlu.

Barang siapa membaca "Robbighfirli warhamni watubb alayya" sebanyak 70x aetelah sholat fardlu sebelum membaca do'a-do'a yang lain, maka insya Allah dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah Swt, dikabulkan hajat-hajat kita baik hajat akhirat ataupun hajat dunia.

Semakin kita memperbanyak membaca istighfar setiap harinya khususnya istighfar tersebut di atas, maka bukan hanya kita yang diampuni dosa-dosa kita dan bukan hanya kita yang dikabulkan hajat-hajat kita, tapi Allah Swt juga mengampuni dosa-dosa keluarga kita serta mengabulkan hajt-hajat keluarga kita demikian juga tetangga-tetangga kita, teman-teman kita dan sekitar kita.

Memohon ampunan dosa kepada Allah Swt sebanyak mungkin itu semakin baik bagi kita, asal kita mampu untuk istiqomah. Kalau kita belum mampu istiqomah membaca istighfar yang banyak maka istighfar-lah sebanyak yang kita mampu untuk istiqomah. Orang-orang terdahulu istiqomah membaca istighfar dalam jumlah yang banyak, dikatakan bahwa sayyidah Rabi'ah Aladawiyyah membaca istighfar sebanyak 12.000x setiap harinya, kalau kita mampu menirunya maka itu baik bagi kita. Kalau kita tidak mampu, maka 200x pun cukup bagi kita. Maka insya Allah hajat-hajat kita akan dipenuhi oleh Allah Swt asalkan kita tidak murtad. (Apakah yang non-Islam tidak dikabulkan do'a-do'anya? Allah Swt Maha Pengasih, kasih Allah Swt meliputi semua makhluq-Nya. Allah Swt memberikan yang kita minta, tapi Rahim-Nya untuk mereka yang beriman kepada Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw).

Manfaat istighfar yang lain adalah kita mendapatkan syafa'at asalkan ditambah dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw dan apa yang kita minta sesuai dengan ikhtiar (usaha) kita (agar kita tidak terlalu panjang angan-angan sedangkan panjang angan-angan adalah kurang baik bagi kita).

1 comment:

  1. Ahmad5:40 PM

    Satu lagi jenis istighfar yg di baca pada bulan-bulan haram ialah;

    'Astaghfirullahal azhim, alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum wa atuubu ilaih. Taubatan 'abdin zholimiin laa yamliku li nafsihi naf'an wa laa dhorran wa laa mawtan wa laa hayatan wa la nusyuro'

    'Aku beristighfar kpd Allah Yang Maha Agung, Yang Tiada Tuhan selainNya Dialah Maha Hidup dan Maha Berkuasa dan aku bertaubat kpdNya. Taubat seorang hamba yang zholim yang tiada berkuasa atas dirinya mendatangkan manfaat dan tidak juga mudharat dan tidak juga kematian dan tdak juga kehidupan dan tidak juga kebangkitan'.

    Di baca 4 kali sesudah Asr terutama pd bulan2x trsbt.

    Sila lihat Syarah Ratib al-Haddad.

    ReplyDelete

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.