Monday, June 01, 2009

Ilmu, Tazkiyah & Da'wah

Oleh : Alhabib Shodiq bin Abubakar Baharun

(Disampaikan pada majlis Alghofar - pembacaan kitab maulid Simthud Durror di Tlogosari, Semarang)

Di dalam sejarah nabi Muhammad Saw ada tiga (3) hal yang bisa membawa kita menuju Allah Swt, yaitu ilmu, tazkiyah (pembersihan jiwa) dan da'wah.

Allah mengangkat derajat orang yang beriman dan yang menuntut ilmu beberapa derajat dibandingkan dengan mereka yang tidak. Beberapa derajat ini menurut sayid Abdullah bin Abbas adalah 70 derajat. Jarak setiap derajat kurang lebih 500 tahun.

Lihatlah betapa beruntungnya orang yang berilmu, bahkan setan pun takut kepada orang yang mempunyai ilmu! Beribadah itu lebih utama jika mempunyai ilmu tentang jenis ibadah yang akan kita lakukan tersebut, sangat berbeda beribadah dengan ilmu jika dibandingkan beribadah tanpa ilmu.

Kita tidak bisa melakukan sebuah ibadah pun jika kita tidak mempunyai ilmu. Manfaatkan umur kita dengan beribadah yang kita lakukan karena mengetahui ilmu tentangnya.

Ini termasuk mendirikan agama. Suatu saat Alhabib Sholeh Alhamid (Tanggul - Jawa Timur) ditanya apa yang menyebabkan do'a beliau cepat (bagai kilat) dikabulkan oleh Allah Swt? Beliau menjawab itu karena kesungguh-sungguhan dan kehati-hatian beliau terhadap segala hal.

Sungguh-sungguh dalam menjalankan perintah-perintah Allah Swt dan nabi Muhammad Saw dan sungguh-sungguh meninggalkan larangan Allah Swt dan nabi Muhammad Saw. Itu yang membuat do'a Alhabib Sholeh Alhamid dikabulkan secepat kilat oleh Allah Swt.

Ilmu bermanfaat bagi kita di dunia dan akhirat kita. Tuntutlah ilmu dari orang-orang yang dikenal mulia lalu setelah itu ikuti cara-cara ibadah dhohir mereka dan ikuti cara-cara ibadah batin mereka.

Yang kedua adalah tazkiyah (permbersihan jiwa), tazkiyah adalah untuk mencapai kedekatan kepada Allah Swt. Tazkiyah ada dua, tazkiyah dhohir dan tazkiyah batin. Tazkiyah dhohir yaitu dengan melakukan kebaikan sesuai Alqur'an dengan lesan kita dan dengan perbuatan kita.

Tazakiyah batin adalah dengan niat dan segala pekerjaan hati seperti sabar, syukur, ikhlas dsb. Dengan niat yang kuat akan menimbulkan kebarokahan waktu, misalnya ibadah yang lama dirasakan sebentar dan dilakukan istiqomah (rutin).

Dan hal yang terakhir yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah Swt setelah ilmu dan tazkiyah adalah da'wah. Da'wah wajib bagi kita muslim dalam banyak hal, dengan banyak cara dan dengan kemampuan kita. Da'wah butuh wawasan (ilmu), kekuatan, harta dan ilmu.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.