Monday, November 03, 2008

Bertambahnya Ilmu

Majlis Annur.
Jl. Petek No.55 - Semarang.






Minggu 1 November 2008 pagi lalu pembukaan majlis ilmu Annur. Seperti biasa, pagi itu majlis dihadiri oleh habib Ahmad bin Zain bin Ali Aljufri, habib Hasan bin Abdurrohman bin Zain bin Ali Aljufri dan habib Ghozi bin Ahmad Shihab. Untuk awal, dibacakan maulid.

Lalu habib Ghozi menyampaikan nasehat-nasehat beliau. Beliau berkata bahwa Ibnu Abbas menjelaskan ilmu itu yang menjaga kita, sedangkan harta itu kita yang menjaga. Ilmu itu jika diamalkan akan bertambah, tapi harta jika dikeluarkan tanpa ilmu akan berkurang.

Dengan ilmu kita jadi tahu bagaimana cara mendekatkan diri pada Allah Swt, kita jadi lebih tahu bahwa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw itu adalah bermanfaat bagi kita dan kita jadi lebih tahu apa-apa saja yang tidak bermanfaat bagi kita. Khamr dilarang karena mengakibatkan kita lupa pada Allah Swt dan merusak diri kita, mencuri dilarang karena mengambil barang yang bukan milik kita. Kita diperintahkan untuk bersyukur agar kita mengingat Allah Swt yang sudah menganugerahkan kita berbagai hal. Semua itu ada ilmunya, kalau kita mengamalkan ilmu kita maka kita akan terhindar dari keburukkan yang tidak bermanfaat bagi kita.

Ilmu yang kita amalkan akan membuahkan bertambahnya pemahaman kita, kita jadi makin tahu banyak hal dan kita jadi makin sabar, syukur, ikhlas dsb.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.