Monday, November 03, 2008

Adap Majlis

Majlis Rotib Alhaddad Dan Maulid Simthud Durror.

Mushola Attaqwa.
Sendang Guwo Rt.01/VIII - Semarang.





"Sebagian orang kurang paham adab saat berada di dalam majlis, masih saja terlihat orang-orang yang kurang memperhatikan jalannya majlis dsb.", kata habib Alwi bin Abdullah Alhasni setelah selesai membacakan Rotib Alhaddad dan Maulid Simthud Durror.

Adab itu salah satu fungsinya untuk membuktikan bahwa kita jauh lebih baik daripada makhluq Allah Swt yang lain. Dengan adab kita menghormati mereka yang lebih tua, sesama, bahkan mereka yang lebih muda. Bukan menghormati karena harta bendanya tapi karena Allah Swt lewat Nabi Saw menyuruh kita untuk saling menhormati. Adapun orang yang dihormati karena ilmunya adalah lebih baik.

"Yang tadi kita baca adalah sejarah hidup dari makhluq yang termulia (Nabi Saw) dan wirid dari salaf sholeh (habib Abdullah bin Alwi Alhaddad), maka sudah seharusnya kita yang hadir memperhatikan agar kita lebih paham dan bisa mencontoh akhlaq beliau Saw dan habib Abdullah Alhaddad.", habib Alwi melanjutkan penjelasan beliau, "Kalau kita ingin mencintai Nabi Saw maka ikutilah beliau Saw."

Mencintai Nabi Saw itu menjadikan beliau Saw sebagai idola dalam hidup kita dalam segala hal, meniru beliau Saw dengan sepenuhnya tidak sepotong-potong. Beberapa orang merasa sudah meniru Nabi Saw tapi sebenarnya tidak begitu, lesannya mengatakan begitu tapi tingkah lakunya tidak.

Kalau kita percaya Nabi Saw mengajarkan sekaligus melakukan berbagai kebaikkan maka tidak ada salahnya kita tanya diri kita, yaitu apa yang sudah kita tiru dari Nabi Saw? Apakah cara tidur kita seperti yang Nabi Saw ajarkan? Atau cara kita makan, atau cara berpakaian kita, cara mandi kita, cara bicara kita, cara kita mengatasi masalah, cara dakwah kita, cara wirid kita, cara sholat kita, cara dagang kita ataukah cara minum kita? Bagian mana dari kegiatan kita yang seperti Nabi Muhammad Saw?

Memakai adab saat di dalam majlis karena kita berharap ridho Allah Swt lewat ilmu yang disampaikan pimpinan majlis.

"Manfaatkan waktu kita sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu sebelum Allah Swt mencabut ilmu dari kita. Bagaimana Allah Swt mencabut ilmu dari kita? Yaitu dengan meninggalnya orang-orang yang berilmu. Kalau ada ilmu mereka yang belum disampaikan pada kita maka lenyaplah ilmu tsb. Apalagi kalau kita sama sekali tidak tertarik pada ilmu, perlahan ilmu-ilmu yang bisa mendekatkan kita pada Allah Swt itu akan lenyap dan kita akan kehilangan mutiara-mutiara tsb."

Dengan ilmu kita bisa beribadah seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dan, perlu diingat bahwa barokah dari ilmu itu ada pada adab.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.