Thursday, March 19, 2009

Pegang Teguh Amanat

Oleh : Habib Shodiq bin Abubakar Baharun

Alhamdulillah dengan wahilah (perantara) Nabi Muhammad Saw do'a kita didengar oleh Allah Swt. Salah satu tanda do'a kita didengar oleh Allah Swt adalah kita menerima amanat yang lebih banyak atau pekerjaan yang lebih besar daripada yang kemarin kita lakukan.

Jika ajakan-ajakan kita, dakwah-dakwah kita, acara-acara kita sudah diterima oleh masyarakat luas maka ini berarti Allah Swt mempercayai kita untuk mengajak mereka lebih mencintai Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw. Amanat ini harus dipegang teguh, tidak boleh kita lepaskan, maka dengan begini Allah Swt bermaksud mengabulkan do'a kita selama ini. Jika ini bisa kita lewati maka maqom kita akan meningkat.

Amanat ini bisa membawa kita lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kedekatan kita kepada Allah Swt ini akan diuji dengan maksud untuk menghilangkan kesombongan kita, keangkuhan kita sehingga akhirnya kita menjadi semakin bersih. Ujian ini bukanlah bala' tapi justru akan menaikkan maqom kita meskipun dengan susah payah kita melewatinya, kita akan mendapatkan akhir yang menyenangkan.

Untuk dapat melewati berbagai macam ujian ini kita haruslah memiliki kesabaran agar kita dapat meningkatkan akhlaq kita, iman kita, ukhuwah kita dengan masyarakat yang lebih luas sebab tanpa itu dakwah tidak akan bisa berjalan. Dakwah tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, dakwah bisa berjalan kalau ukhuwah diantara kita terjalin kuat dan saling membantu serta saling peduli satu dengan lainnya.

Hilangkan rasa saling menjatuhkan agar kita mendapat ridho Allah Swt, sebagaimana diketahui bahwa ridho adalah maqom tertinggi. Dengan ridho Allah Swt maka kita tidak akan merasa berat dalam melakukan berbagai macam kegiatan kita, ibadah kita, semua akan terasa nyaman dan kita merasa nikmat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.