Saturday, December 20, 2008

Bangun Tidur

Oleh : K.H. Hamam Nashiruddin - Grabag, Magelang

Bab Bangun Tidur : Kitab Bidayatil Hidayah (karya Al Imam Ghozali)

Ketika kita hendak tidur, tanamkan benar-benar bahwa kita harus bangun tidur sebelum fajar agar kita mendapatkan fadhilah yang agung dari Allah Swt. Usahakan semaksimal mungkin (di saat bangun tidur) apa yang terlintas di hati kita dan apa yang kita ucapkan di lesan kita adalah dzikirullah.

Oleh karena itu ketika bangun tidur, bacalah do’a sebagai berikut :




Alhamdulillaaahilladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur

Yang maknanya kurang lebih adalah segala puji syukur dari saya kepada Allah Swt yang sudah mengkaruniakan nikmat bisa tidur kepada saya dan sekarang saya sudah dibangunkan dari tidur saya. Semua makhluq besok akan menghadap Allah Swt untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya.

Dengan dibangunkannya kita dari tidur di pagi dari ini, kita akui bahwa benar kita sesungguhnya adalah milik Allah Swt, begitu juga alam bumi seisinya, juga semua sifat kita yang merasa agung, sifat kita yang suka memerintah, sifat kita yang merasa memiliki, sifat kita yang merasa berkuasa dsb itu semuanya kepunyaan Allah Swt yang Maha Memelihara alam ini dan seisinya. Allah Swt Maha Agung, Maha Memerintah, Maha Memiliki, Maha Berkuasa.

Dan kita harus bersyukur dibangunkan masih dalam keadaan memeluk agama Islam, masih bisa menyebut kalimat-kalimat tauhid, masih diberi kesempatan memeluk agama dari agama Nabi Muhammad Saw dan Nabi Ibrahim As yaitu agama yang lurus, sempurna dan tunduk pasrah kepada Allah Swt. Yang perlu diketahui adalah Nabi Ibrahim As itu bukan termasuk golongan musyrikin.

Dengan barokah Allah Swt, kita masih dikaruniai Allah Swt kesempatan bagun di pagi ini dan kita masih dikaruniai kehidupan, hanya untuk Allah Swt-lah hidup dan mati kita dan apa yang terjadi adalah hanya karena Allah Swt.

Bermohonlah kepada Allah Swt agar Allah Swt mengkaruniakan semua kebaikan kepada kita pada hari ini yaitu hari dimana kita dibangunkan dan bermohonlah juga agar Allah Swt menjaga kita serta menjauhkan kita dari segala perbuatan tercela dan dosa, agar Allah Swt menjauhkan kita perbuatan mencelakai (berbuat buruk) sesama orang Islam dan bermohonlah agar kita tidak dicelakai oleh orang lain.

Bermohonlah kepada Allah Swt agar kita dikaruniai semua kebaikan hari ini dan kebaikan apapun yang terjadi pada hari ini. Begitu juga sebaliknya, bermohonlah kepada Allah Swt agar kita dijauhkan dari keburukan hari ini dan keburukan apapun yang terjadi pada hari ini.

Kemudian ketika kita akan memakai pakaian, niatkan dengan niat kita memakai pakaian ini hanya karena Allah Swt (karena melakukan perintah Allah Swt), yaitu perintah menutupi aurat. Ingat, jangan sampai kita berniat untuk pamer ketika mengenakan pakaian agar kita tidak termasuk orang yang celaka.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.