Tuesday, September 24, 2019

Ikuti Kaum Sholihin

Oleh: As Syeh Mus'ab Al Birtoniyah

Diterjemahkan oleh: Alhabib Ahmad Jamal bin Thoha Ba'agil

Disampaikan di haul Syeh Abubakar bin Salim di Cidodol Jakarta.

Hari ini (Ahad 22 September 2019) adalah hari yang penuh berkah, di mana Allah Ta'ala telah menggiring kita semua ke jalan Allah Ta'ala, dan dikatakan pada saya bahwa orang-orang berkumpul di majelis yang mulia ini hingga jarak 1.5 KM, jumlah yang sangat banyak yang menjemput keberkahan Allah Ta'ala.

Mereka yang datang seakan-akan tidak peduli terik matahari, berdesak-desakan, ini membuktikan kecintaan mereka kepada Allah Ta'ala, kepada Rasulullah Saw dan kepada ahlul bayt Rasulullah Saw.

Tidak hanya orang Indonesia saja yang hadir, ada orang Amerika, orang Australia, orang Yaman dan lain sebagainya. Ini kemuliaan bagi mereka.

Tidak sedikit di negeri saya yaitu Amerika yang tidak mendapatkan kemuliaan seperti yang kita rasakan, maka bersyukurlah kita kepada Allah Ta'ala.

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌۭ رَّحِيمٌۭ

Artinya:
"Katakanlah (Muhammad): "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(QS Ali Imran : ayat 31)

Untuk mendapatkan cinta Allah Ta'ala maka cintailah Rasulullah Saw, dan bersambungnya kecintaan kita kepada Rasulullah Saw itu harus dibuktikan dengan semua perbuatan kita meneladani Rasulullah Saw, mulai dari gerak hati lalu pikiran kemudian ucapan dan tingkah laku meneladani Rasulullah Saw.

Kita berkumpul di majelis yang mulia ini tidak lain karena keihlasan, kesholehan, kesungguhan kita sehingga kita semua berada di tempat ini.

Ketahuilah, kita berkumpul di sini karena dakwah ahlul bayt Rasulullah Saw dari Tarim Yaman, dengan niat mencari ridlo Allah Ta'ala dengan berkumpul bersama ahlul kher, memandang mereka, melihat kebiasaan baik mereka, untuk kita teladan.

Diantara doa shohubul haul yaitu as Syeh Abubakar bin Salim adalah bermohon agar kita dijadikan ahlul syurga dan dijauhkan dari neraka, serta diharamkan dari ketidakmauan meneladani kebiasaan kaum sholihin, semoga kita semua mendapatkan nikmat yang dirasakan kaum sholihin.

Sebagaimana diriwayatkan oleh as Syeh Syihabuddin bahwa as Syeh Abubakar bin Salim berkata bahwa beliau tidak melihat apapun kecuali itu semua mengingatkanku kepada Allah Ta'ala.

Ketahuilah bahwa itu adalah perkataan dari orang yang dikenal tidak berbohong semasa hidupnya, dikenal tidak bermaksiat kepada Allah Ta'ala, maka kita ambil dan kita pegang teguh dalam hidup kita.

Kemudian kenikmatan kita bertambah dengan hadirnya orang-orang mulia di sini, termasuk Alhabib Hasan dan Alhabib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidl bin Syeh Abubakar bin Salim. Sesungguhnya saya tidak berhak dan tidak pantas berbicara berceramah di sini, tetapi saya hanya berharap mereka semua mendoakan saya.

Dan saya bermohon kalian mendoakan orang-orang di negara saya yang masih banyak yang belum beriman, mohon doakan mereka agar mereka mendapatkan hidayah dari Allah Ta'ala.

Sesungguhnya kita mendapat banyak kenikmatan iman, maka bersyukurlah dalam segala hal. Ini adalah majelis yang mulia, bermohonlah kebersihan hati kita, dan ikutilah jalan orang-orang sholihin.

Semoga kita yang hadir mendapatkan curahan rahmat Allah Ta'ala, juga mereka yang tidak bisa hadir. (Semoga kita yang membaca ringkasan ceramah ini juga mendapatkannya). Allah Ta'ala mengkaruniakan banyak nikmat pada kita, pada saya terutama beberapa waktu yang lalu orang tua saya masuk Islam, beliau berkeinginan hadir di majelis seperti ini. Semoga Allah Ta'ala mengabulkan.

Jangan lupa tiap kali kita hadir di majelis, hadirkan juga orang-orang yang tidak.bisa hadir agar semua mendapatkan rahmat Allah Ta'ala.

Semoga Allah Ta'ala mengabulkan doa-doa kita semua.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.