Thursday, September 12, 2019

Waktu ( 2 )

Di Al Qur'an surat Jum'at ayat 10 diperintahkan oleh Allah Ta'ala agar setelah sholat maka bertebaranlah kita untuk mencari karunia Allah Ta'ala dan diperintahkan kita untuk selalu mengingatNya agar kita beruntung.

Hendaknya apapun yang kita lakukan setelah sholat itu menjadi bernilai ibadah pada Allah Ta'ala, bukankah Allah Ta'ala menciptakan manusia dan jin untuk beribadah pada Allah Ta'ala?! Maka niatkan ibadah sebelum melakukan perbuatan apapun jenisnya.

Terkadang mudah melakukan sesuatu tapi terkadang juga susah, ketahuilah bahwa di saat ada 1 kesulitan maka Allah Ta'ala mengkaruniakan 2 kemudahan bersamanya. Jadi bersabarlah dan berusahalah dengan sungguh-sungguh agar terlihat solusi atas semua kesulitan kita.

"...karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan."
(QS 94 : 5-6)

Kerjakan satu per satu dulu, selesaikan satu masalah baru kemudian ke masalah berikutnya. Sebagaimana gelas yang penuh dengan air maka untuk mengeringkannya harus dengan proses menuangkannya terus menerus sehingga gelas menjadi kosong. Ada proses yang harus dilewati untuk menjadi kosong, ada proses yang mesti dilalui untuk menemukan solusi.

"Maka apabila kamu telah selesai dari suatu urusan, katakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain."
(QS 94 : 7)

Solusi in sya Allah pasti ada, hanya saja ada proses untuk menemukannya. Allah Ta'ala menurunkan 1 masalah disertai dengan banyak solusi.

"Apabila kau telah berada dalam waktu luang setelah sebelumnya kau sibuk, maka bersungguh-sungguhlah bekerja lagi sampai kau lelah.."

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.