Tuesday, September 17, 2019

Perbedaan

Ada spinning colour board yaitu papan dicat warna-warni, setelah itu diputar, maka warna-warna teesebut akan memutih, makin cepat putaran makin putih. Lenyap berbagai macam perbedaan, yang tinggal hanya putih, jadi tunggal.

Tunggal itu beda dengan satu, satu itu akan ada dua lalu tiga empat dan seterusnya, tapi tunggal itu hanya satu tidak ada lainnya.

Putih dalam dunia warna disebut hue atau nilai, demikian juga dengan hitam, jadi hitam putih itu bukan warna tapi nilai (hue), kenapa? Karena hitam putih tidak bisa didapatkan dengan mencampur warna, tapi bisa didapatkan dari memutar warna-warna dan hitam didapat ketika semua warna diaduk maka akan menghitam, makin gelap.

Begitulah kehidupan, ada banyak warna, tidak sama, pasti beda, dan harus berbeda karena memang Allah Ta'ala menghendaki kita berbeda yang dengan perbedaan itu justru akan ada kehidupan. Berbeda itu tidak masalah, yang harus dihindari adalah memaksakan pendapat ke orang lain, menjelek-jelekkan mereka dan mengaku paling benar, itu akan menimbulkan kekacauan. Itu makna hitam, kondisi kacau, tidak tentram, saling membenci, saling bermusuhan.

Putih itu jika dengan banyak pendapat justru menjadikan kita makin ingat kepada Allah Ta'ala, yang kemudian saling melengkapi kekurangan masing-masing, saling membantu, saling mengisi, saling melindungi, saling menutupi aib, saling membuat bahagia.

Hitam dan putih itu nilai, maka silahkan memberi nilai pada kehidupan kejadian kita masing-masing, karena kita umat Rasulullah Saw maka seharusnya meneladani Rasulullah Saw dalam semua hal, setidaknya tidak melenceng.

وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ ۚ فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَإِنَّمَا عَلَىٰ رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ

"Dan taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul. Jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban Rasul Kami hanyalah menyampaikan (amanah Allah) dengan terang."
(QS. At Taghabuun : 12)

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.