Friday, October 24, 2008

Menikah 1





Salah satu teman kami insya Allah akan menikah beberapa hari lagi.

Habib Alwi Alhasni tidak bosan-bosannya memberikan nasehat-nasehat tentang pernikahan padanya, tentang bagaimana kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan oleh para pendahulu kita dalam segala hal yang berhubungan dengan pernikahan.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dilakukan karena berharap agar pernikahan ini dapat ridho Allah Swt, syafaat Rosulullah Saw dan kita dikaruniai keturunan-keturunan yang sholeh dan sholehah.Awal, seorang anak meniru orang-tuanya ketika dia melihat orang tuanya melakukan suatu perbuatan. Ini akan terekam kuat. Anak tidak tahu yang dia lakukan itu baik atau buruk, dia hanya meniru apa yang dia lihat. Oleh karena itu, agar anak meniru yang baik maka kita harus melakukan berbagai perbuatan baik.

Untuk bisa berbuat baik maka kita harus membiasakan diri dulu jauh-jauh hari sebelumnya, bahkan sebelum kita menikah kita harus membiasakan diri untuk berbuat berbagai hal yang baik dulu. Kalau kita sudah terbiasa berbuat baik sebelum menikah maka saat menikah pun kita insya Allah akan tetap berbuat baik. Jika ini berlangsung hingga kita punya anak, insya Allah anak kita akan meniru kita berbuat baik.

Daya rekam anak amat kuat hingga apa yang dia tiru dari orang-tuanya akan terbawa sampai dia dewasa nanti. Disaat dia dewasa, dia akan tetap berbuat baik sampai dia punya anak cucu kelak, dan insya Allah keturunannya pun jadi pelaku-pelaku kebaikan sebagaimana orang-tuanya. Semua akan jadi pelaku kebaikan.Seandainya setiap orang berbuat baik, maka insya Allah suatu saat nanti akan muncul generasi-generasi pelaku kebaikan. Dan kebaikan akan tersebar luas.

Ini harus dimulai dari diri kita meniru berbagai perbuatan baik dalam banyak hal yang dilakukan pendahulu kita yang sholeh.Itu alasan kenapa habib Alwi mengajari teman kami yang akan menikah ini untuk berniat baik sebelum menikah, adab tata krama serta do'a-do'a yang berhubungan badan, sholat sunnah dsb.

Dan malam ini di rumah calon pengantin laki-laki, dengan diiringi gerimis tipis habib Alwi Alhasni membacakan rotib Alhaddad dan maulid Simthud Durror dengan mengundang masyarakat sekitar. Dua hari lagi insya Allah aqod nikahnya.

Awal yang baik, insya Allah berakhir baik. Amin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.