Friday, January 09, 2009

Meneliti Diri Kita

Oleh : Ustadz Abdussalam

(Disampaikan dalam rangka khotbah jumu'ah di Masjid Baytun Na'im - Mranggen, Demak)

Bersyukurlah kita semua kepada Allah Swt atas segala yang dikaruniakan-Nya kepada kita semua. Atas segala yang kita miliki, meskipun berbeda antara satu dengan yang lain tetapi itu adalah karunia Allah Swt yang terbaik yang diberikan kepada kita. Bersyukurlah kepada Allah Swt maka Allah Swt akan menambah nikmat kita.

Bersyukur itu bisa mengakibatkan kita mengistropeksi diri, meneliti diri kita apakah kita sudah melakukan perbuatan-perbuatan baik atau belum, apakah kita masih melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt lewat nabi Muhammad Saw atau tidak? Di saat kita sudah mampu mengistropeksi diri kita maka kita akan mengakui bahwa diri kita ternyata masih banyak melakukan hal-hal yang seharusnya tidak kita lakukan, ternyata kita belum banyak melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan, ternyata masih banyak dosa pada diri kita, ternyata kita masih menyia-nyiakan umur kita untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kita.

Oleh karena itu perbanyaklah istighfar, perbanyaklah memohon ampunan Allah Swt atas dosa-dosa kita, akui kesalahan-kesalahan kita dengan bertaubat nashuha yaitu taubat yang sebenar-benarnya taubat maka kita akan aman.

Rubahlah kebiasaan-kebiasaan kita yang jelek menjadi kebiasaan yang baik dan bermanfaat bagi kita dengan usaha maksimal. Perbanyaklah juga amal shodaqoh dan makmurkan masjid-masijd serta istiqomah dalam kebaikan-kebaikan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.