Tuesday, March 31, 2020

Apa itu Kematian?

Al Habib Shodiq Baharun
Al habib Shodiq bin Abubakar Baharun menjelaskan tentang nasehat Syeh Sa'id Ramadlan Al Buthy, dijelaskan bahwa Ibnu Sina berkata sebagai berikut:

قال ابن سينا : الوهم نصف الداء و الإطمئنان نصف الدواء و الصبر بداية الشفاء

Ibnu Sina berkata, "Kepanikan adalah sebagian dari penyakit. Ketenangan adalah separuhnya obat dan kesabaran adalah permulaan dari kesembuhan."

Mati. Tahukah kamu apa itu mati?

Syeh Sa'id Ramadlan Al Buthy
Mati adalah sebuah ungkapan tentang waktu diangkatnya hijab antara kamu dan Allaah Ta'ala.

Kamu masih saja meminta dan berdo'a kepada Allaah Ta'ala meskipun kamu tidak melihat-Nya. Risalah-Nya yakni risalah penuh cinta, datang kepadamu dan kamu tidak melihat-Nya. Datang kepadamu dengan terkabulnya do'a, dan kamu tidak melihat-Nya.

Mati adalah waktu yang mana kamu akan dapat melihat Tuhanmu, yang dulu semasa hidup di dunia kamu meminta dan berdoa tanpa bisa melihat-Nya; waktu yang mengingatkan kamu bahwa Allaah Ta'ala telah mengirimkan risalah penuh cinta kepadamu, dan memberikan nikmat yang melimpah kepadamu.

Itulah mati. Itulah hakikat kematian. Tapi untuk siapakah? Untuk orang yang mengenal Allaah Ta'ala, bahkan untuk orang yang bermaksiat sekalipun, karena ia akan kembali kepada Allaah Ta'ala, selama dia tidak sombong kepada-Nya.

1 comment:

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.