Thursday, September 04, 2008

Awal dari Petunjuk

Petunjuk Allah Swt itu jangan ditunggu diam saja tanpa berusaha apapun! Sebab petunjuk dari Allah Swt itu harus diusahakan dengan menuntut ilmu kepada orang-orang yang diakui keilmuannya, diakui rantai ilmunya bersambung kepada Rasulullah Muhammad Saw lewat para pendahulu kita dan diakui juga amalnya sesuai dengan perkataannya.

Tidak bisa kita diam saja di rumah tanpa usaha tapi berharap menjadi orang yang bertaqwa sebab taqwa butuh amal, sedangkan amal butuh ilmu. Tanpa ilmu tidak akan bisa beramal, tanpa amal bagaimana mungkin kita menjadi orang yang bertaqwa?

Awal dari petunjuk Allah Swt adalah syari’at lalu kemudian berujung kepada ibadah.

Ilmu dibutuhkan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, lewat usaha kita menuntut ilmu maka ini berarti kita sedang menjemput petunjuk dari Allah Swt. Awal ilmu adalah mencari tahu tentang aturan-aturan untuk beramal, lalu sesudah itu lanjutkan dengan mengamalkannya dengan sekuat tenaga. Ketika hati kita tidak menolak pada saat dihadapkan kepada amal-amal ibadah yang mengantarkan kita kepada jalan yang lurus tersebut maka lakukan amal-amal itu, jangan berhenti teruskan terjun ke lautan ilmu!

Tapi tatkala hati kita menolak atau menunda-nunda ketika dihadapkan kepada amal-amal ibadah maka ada yang belum benar dengan niat kita, berhati-hatilah jangan sampai kita menjadi orang yang terus menuntut ilmu tanpa diamalkan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.