Tuesday, September 02, 2008

Ber-Tuhan dengan Beragama

Kondisi tiap orang berbeda2 termasuk dalam hal pemahaman akan hak dan kewajiban kepada dirinya dan sekitarnya, karena itu perlu adanya aturan yang mengatur kita agar menjadi lebih teratur, agar tidak menyakiti orang lain dsb.

Tidak bisa kita hidup tanpa aturan dan hukum sebab akan rawan timbul perselisihan. Kenapa? Karena pemahaman diantara kita tidaklah sama, seandainya pemahaman semua orang sama saling menghormati, menghargai maka tidak akan ada kekhawatiran perselisihan. Karena itu tetap perlu aturan dan hukum serta hukuman agar kita tahu tidak enak disakiti maka begitu pula rasanya mereka yang kita sakiti, agar kita bisa lebih memahami bahwa yang kita lakukan adalah kurang baik dan ada yang lebih baik lagi.

Perlu adab, perlu akhlaq, perlu aturan, perlu hukum, perlu syari'at, perlu thoriqoh, perlu tasawuf, perlu hakikat dan perlu ma'rifat dsb. Perlu semuanya agar seimbang.

Allah Swt Maha Sempurna dengan mengutus Nabi yang sempurna yang disertai dengan kitab yang sempurna untuk kita, Alqur'an. Kitab-kitab lain harus diyakini keberadaannya tapi bagi kita adalah kitab Alqur'an yang diajarkan Nabi Saw kepada kita lewat para pendahulu kita dan lewat guru kita. Aturan dan hukum bersumber kepada Alqur'an dan sabda Nabi Saw. Dengan mengikuti kitab ini insya Allah kita mengikuti jalan yang lurus yang mengantarkan kita kepada keselamatan dari Yang Maha Menyelamatkan.

Bagi yang tidak mempercayai dan tidak mengikuti kitab Alqur'an dan sabda Nabi Saw maka tidak ada pemaksaan bagi mereka, lalu apakah mereka tidak akan selamat? Allahu a'lam, keselamatan hanya milik Allah Swt. Yang pasti Islam adalah agama yang selamat dan menyelamatkan.

Allah Swt yang menciptakan mereka (dan kita), yang menghendaki mereka (dan kita) maka Allah Swt sudah tentu ada rencana terhadap mereka (dan kita). Dan, rencana Allah Swt pasti indah dengan segala keindahannya.

Mengikuti Nabi yang indah sayidina Muhammad Saw adalah jalan yang lurus.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.