Monday, September 08, 2008

Nguing...nguing...nguing...pluk !

Sedikit intermezo semalam bersama anak saya, Muhammad Haykal.

Haykal :
Itu bapak!

Yusa :
Bobok yuk, Lik!

Haykal :
Yok! (sambil menghamburkan badannya ke arah saya)

Yusa :
Matur mbah kakung dulu...mbah kung, bobok kidul...


Haykal :
Bobok kidul... (sambil mencium tangan mbah kakung dan mbah putrinya)

Mbah kakung :
Iya ndak boleh nakal ya...

Yusa :
Yuk, sandalnya mana? Ambil sandal dulu yuk!

Saya gendong Haykal untuk ambil sandal lalu saya ajak dia ke Mushola, sholat tarawih dulu baru bobok.

Haykal :
Dah celecai?

Yusa :
Apa, Lik, bapak ndak denger…


Haykal :
Dah celecai?

Yusa :
...belum, belum selesai, sebentar lagi ya...Haykal udah ngantuk?


Haykal :
Iya...

Yusa :
Pulang yok...!


Sholat tarawih belum selesai, Haykal sudah ajak saya pulang sebab takut Haykal mengganggu orang-orang dengan lari-lariannya. Niat saya ajak Haykal ke Mushola biar dia terbiasa melihat orang sholat lalu menirukan gerakan sholat dsb.

Alhamdulillah dia sudah mulai menirukan gerakan sholat meski lucu seperti sujud dilakukan sambil tengkurap atau duduk bersila membaca “astaghfirullah” dan “la illaha illallah” sambil cadel dan geleng-geleng kepala.

Haykal :
Dah celecai?

Yusa :
Sudah...(saya gendong Haykal pulang)


Sampai di rumah Haykal belum langsung bobok, kami ngobrol dulu.

Haykal :
Om Putut mana?

Yusa :
Om Putut ngaji!

Haykal :
Ngaji di mana?

Yusa :
Ngaji di Mushola. Udah bobok besok ketemu lagi!

Haykal :
Besok ketemu lagi ya?

Yusa :
Iya besok insya Allah ketemu lagi.

Haykal :
Ini apa? (sambil menunjuk retakan di tembok)

Yusa :
Itu retak, Lik...

Haykal :
Kenapa?

Yusa :
Rusak.

Haykal :
Kenapa?

Wah, saya harus jawab gimana ya?

Yusa :
Temboknya udah tua jadi rusak.

Haykal :
Ini apa? (sambil menunjuk bekas darah nyamuk di tembok)

Yusa :
Itu nyamuk, Lik...nyamuk mati.


Haykal :
Kenapa?

Yusa :
Nyamuknya terbang nguing...nguing...nguing...(tangan kiri saya bergerak muter-muter meniru gerakan nyamuk) lalu pluk nyamuknya nempel, lalu kesenggol, nyamuknya mati!

Haykal :
Nguing...nguing...nguing...pluk, kecenggol...gitu ya?

Yusa :
Iya...

Tanya jawab ini berulang kali sampai dia paham dan hafal alasannya.

Tiba-tiba DUOR...DUOR...suara mercon terdengar di luar.

Haykal :
Apa itu? Ital (Haykal) tatut...

Yusa :
Takut? Sini bobok, merem, sama bapak...

Haykal langsung memeluk saya, merem dan pipinya di tempelkan di pipi saya. Saya usap-usap kepalanya, wajahnya dan punggungnya biar bobok. Sebentar kemudian dia bobok.

Habis Subuh Haykal bangun, pipis lalu tidur-tiduran lagi. Jam 6an pagi saya mandikan dia, ganti baju celana lalu keluar cari bubur buat sarapan Haykal setelah pamit sama mbah putrinya.

Di jalan...

Yusa :
Lihat kebo yuk!

Haykal :
Yuk!

Yusa :
Wah, kebonya ndak ada, Lik, kebonya maem! Kebo maem rumput.


Haykal :
Ital (haykal) ndak mau...

Yusa :
Iya...Haykal maem bubur, kebo maem rumput, Haykal ndak mau, bapak ndak mau...

Haykal alhamdulillah mudah ingat kalau diajari sesuatu, asal diulang-ulang sampai dia paham dan jangan dibentak sebab kalau dibentak dia malah balik mengkasari kita dan menangis. Dia mau mendengar asal dikasih alasan yang mudah dipahaminya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.