Monday, September 08, 2008

Sesuatu yang Merugikan Diri Kita

Perhatikan niat kita sebelum menuntut ilmu, apakah kita menuntut ilmu karena ingin mengumpulkan harta dunia atau agar dikenal sebagai orang berilmu atau untuk mengungguli orang lain atau agar orang-orang mendatangi dan menghormati kita?

Kalau niat kita seperti itu maka kita termasuk yang merusak agama, mencemarkan agama, kita termasuk orang yang merugi seperti pedagang yang modalnya habis tidak ada laba dari dagangannya.

Menuntut ilmu itu awal yang baik tapi kalau diniatkan untuk hal-hal yang tidak menuju kepada Allah Swt maka kita rugi. Dan kalau guru kita mengajari seperti itu maka dia termasuk mendapatkan kerugian kita, kalau kita termasuk mencemarkan agama maka dia termasuk menjerumuskan kita ke dalam kesalahan, dia sudah mengajarkan hal yang sangat keliru ibaratnya dia menjual pisau kepada penjahat jalanan yang dengan pisau itu kita gunakan untuk berbuat buruk.

Perbuatan seperti itu merusak agama dan merugikan diri sendiri. Seharusnya dengan ilmu kita bisa beribadah, kita bisa bertaqwa pada Allah Swt dan dengan taqwa kita berjalan di jalan yang lurus, tapi karena niat kita buruk (yaitu bukan karena mengharap petunjuk dari Allah Swt) maka bukan makin dekat dengan Allah Swt, malah semakin jauh kita dari Allah Swt.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.