Monday, July 28, 2008

Jangan Abaikan Tetangga !

Tetangga tidak bisa diabaikan meski bagaimana pun juga sikap mereka terhadap kita. Mereka adalah penolong kita yang pertama dalam kesusahan dan juga tempat berbagi kesenangan pertama jika dibandingkan dengan saudara-saudara kita sebab merekalah yang terdekat dengan kita.

Membuat mereka senang adalah lebih baik sebab tetangga adalah pagar teraman kita, keluarga kita, rumah kita dsb, bahkan jauh lebih aman daripada tembok tebal dan tinggi sekalipun. Kalau kita baik pada tetangga kita, mereka akan menjaga kita meskipun tanpa diminta. Kalau sikap kita acuh tak acuh pada mereka, mengabaikan dan meremehkan mereka maka mereka juga akan bersikap yang sama pada kita. Mereka tidak akan peduli dengan kita meski kita sedang membutuhkan pertolongan mereka. Tanpa direncana mereka akan menjaga jarak dengan kita, sebab kita juga menjaga jarak dengan mereka. Kalau suatu saat kita menemukan sikap mereka yang tidak mengenakkan kita, lebih baik tanya diri kita apa yang sudah kita lakukan terhadap mereka, kenapa mereka sampai tidak peduli dengan kita?

Lebih baik jangan berharap mereka peduli pada segala macam masalah kita kalau kita sendiri tidak mau peduli dengan mereka, kesulitan mereka, kesusahan mereka, kebingungan mereka dan kepusingan mereka.

Bagaimana pun juga kita butuh mereka...

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.