Monday, July 21, 2008

Menyampaikan dan Mengajak

Mengajak orang lain menuju ke kebaikan dibutuhkan ketangguhan dhohir dan batin sebab ini adalah pekerjaan yang menawarkan kegiatan yang terkadang dianggap mengganggu rutinitas keseharian mereka.

Kalau kita sudah menempuh jalan ini (mengajak-ajak orang menuju ke kebaikan), pasti ada rintangan menghadang, jangan patah semangat kalau suatu saat terhadang atau dihadang sebab ini bagian dari perjuangan. Kita harus berjiwa besar, hadapi apapun pahit getirnya rintangan tersebut dengan ketenangan dan senyuman demi tersebarnya kebaikan meski orang lain tidak tahu atau tidak mau tahu dengan usaha kita.

Kaget atau ‘down’ saat mendengar gosip atau melihat perlakuan yang tidak mengenakkan saat kita menyampaikan atau mengajak orang itu wajar, agar tidak menimbulkan rasa kapok tidak mau lagi menyampaikan atau mengajak…duduk, diam, lalu ingat bahwa pekerjaan ini butuh banyak kesabaran, kita hanya beruasaha sedangkan hasilnya adalah hak prerogatif Allah Swt.

Sebuah usaha saja sudah sangat berarti meski tanpa hasil yang kita harapkan, senyum saja apapun hasilnya. Tapi kalau usaha kita membuahkan hasil seperti yang kita harapkan di kemudian hari, maka ini tambahan nikmat dari Allah Swt.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.