Thursday, July 17, 2008

Kecil Tapi Luar Biasa

Setiap kita pasti punya masalah, dan tentu masing-masing masalah ada solusinya masing-masing.

Suatu malam dua orang ngobrol di depan rumah mertua salah seorang diantara mereka, salah satunya curhat dia melihat kondisi sekarang menyedihkan, sepertinya sudah tidak ada rasa peduli dengan sesamanya, jangankan dengan orang yang tidak dikenal bahkan dengan sahabatnya sendiri pun sering tidak peduli, padahal sahabatnya sedang dalam masalah yang dia sebenarnya bisa membantunya. Di satu sisi karena si sahabat itu risih minta tolong terus terang, dipakainya cara yang halus, diceritakannya kesulitan-kesulitannya, masalah-masalahnya padanya dengan harapan temannya paham dan mau membantunya. Tapi temannya tidak juga membantunya. Sahabat ini kecewa, ternyata susah juga membantu orang lain pada saat kita punya yang orang itu butuhkan.

Mungkin rasa kurang peduli dengan sesamanya ini yang membuat masyarakat kita terlihat yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Kalau sudah begini kita seperti buih di lautan yang jumlahnya banyak tapi diombang-ambingkan ombak.

Membantu orang itu dilihat dulu apa yang dia butuhkan, kalau dia butuh uang ya kasih uang kalau kia punya...jangan dikasih nasehat, uang dulu baru nasehat. Orang lapar, kasih makan. Kalau sudah kenyang baru diajak ke arah kebaikkan.

Suatu hari seorang kawan diajak si fulan untuk hadir di majlis Maulid Nabi Saw, ajakan itu ditolaknya sebab malam itu dia sama sekali tidak punya uang untuk beli beras besok hari. Malam ini dia harus cari uang, kalau tidak besok anak istrinya tidak makan. Oleh si fulan, dia dikasih uang. Apa yang terjadi? Allaaah...dia senangnya bukan main, uang itu langsung dikasihkan ke istrinya, "Bu, ini dikasih uang sama si fulan!" dan dia masuk ganti baju dan mau ikut hadir ke Maulid Nabi Saw.

Jasa si fulan diceritakan pada teman-temannya, dengan bangga dia mengkisahkan bahwa si fulan adalah orang yang baik, si fulan adalah jauh lebih hebat daripada ustadz itu yang hanya menasehati saja tapi kurang peduli pada sekitarnya.

Bantuan si fulan mungkin kecil tapi luar biasa manfaatnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.