Monday, August 11, 2008

Bermain-Main dengan Pikiran

Salah satu cara untuk berbaik sangka antara lain adalah jangan berusaha mencari-cari tahu apa yang tidak perlu kita tahu. Cukup kita tahu yang sekadarnya saja, cukup kita tahu yang sudah kita tahu dari dia lalu sapalah dengan saapan terindah kita, senyumlah dengan senyum termanis kita dan bicaralah dengan kata-kata terindah kita. Cukup itu, sudah!

Ketika orang lain bercerita pada kita tentang keburukan seseorang maka cukup berhenti sampai di situ, dengan cara yang baik suruh dia berhenti menceritakan keburukan si fulan. Lalu kalau yang diceritakan adalah tentang si fulan yang menjelek-jelekan kita maka sudah jangan berusaha tanya mencari tahu lebih lanjut apa yang sudah dikatakan si fulan tentang kita, jangan diteruskan sebab itu sama saja kita mencari tahu keburukan orang lain.

Mencari-cari tahu keburukan orang tidak selalu harus dengan bertanya pada seseorang tapi dengan kita diam melamun sendiri lalu menduga-duga kemungkinan-kemungkinan keburukan orang yang lain juga termasuk mencari-cari keburukan orang.

Yang namanya dugaan belum tentu benar dan tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan memperburuk keadaan. Keadaan siapa? Yah paling tidak keadaan kita bertambah buruk dan menyedihkan. Orang belum tentu berpikiran buruk pada kita, kita sudah berpikiran dan menyimpulkan dia yang buruk-buruk. Orang tertawa-tawa kita merasa dia mentertawakan kita, orang diam kita merasa dia mendiamkan kita, padahal belum tentu begitu. Keadaan seperti ini kita sendiri yang susah. Bermain-main dengan pikiran kita yang seperti ini lebih baik tidak dilakukan.

Berbaik sangka adalah jauh lebih baik buat kita, orang lain mau apa saja kita tetap senyum dan nyaman.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.