Monday, August 25, 2008

Lihat dan Rasakan !

Blora. Sabtu pagi, 21 Sya'ban 1428 - 23 Agustus 2008, kami berangkat dari Semarang berempat ke Blora dalam rangka menolong orang sekaligus berziarah ke makam saudara salah satu diantara kami.

Kami ditunjukkan bahwa Allah Maha Besar dengan segala macam ciptaan-Nya yang kita tidak ada kemampuan untuk memahami semuanya kecuali dikehendaki oleh Allah Swt untuk paham. Allah Maha Benar dengan segala ketetapan-Nya, berbeda dengan makhluq-Nya, sebab memang begitu seharusnya yaitu Tuhan harus berbeda dengan makhluq-Nya. Kebenaran pada Tuhan adalah mutlak dan tidak bakal keliru! Lain dengan kebenaran pada makhluq, sangat teramat relatif sekali karena kebenaran untuk si A tidak bakal sama persis dengan kebenaran untuk si B, demikian juga untuk si C pasti akan lain nilai kebenaran untuknya.

Yang benar menurut makhluq belum tentu benar menurut Allah Swt, yang salah menurut makhluq belum tentu salah menurut Allah Swt. Makhluq tidak dapat lepas dari sifat keliru, khilaf, salah dan benar, kita tidak bisa menghakimi bahwa seseorang yang tidak sejalan dengan kita pasti keliru mutlak, salah besar dan berdosa lalu masuk neraka, tidak bisa begitu! Kenapa? Sebab yang kita lihat hanya permukaannya saja, kita belum melihat ke kedalaman niat dan hatinya. Yang bagus permukaannya belum tentu bagus dalamnya, yang jelek permukaannya belum tentu jelek dalamnya!

Lagipula kita tidak tahu apakah yang Allah Swt kehendaki dari orang tersebut dan dari kita. Kita juga tidak tahu bagaimana kita dan dia diakhirkan. Hanya Allah Swt Yang Maha Mengetahui bagaimana kita diakhirkan.

Kalau kita melihat seseorang melakukan hal yang tidak biasa kita lakukan, jangan terburu-buru menyalahkannya jika kita tidak mempunyai ilmu tentang hal tersebut, jika kita tidak mempunyai ilmu yang bisa membuat mereka lebih baik lagi maka jangan menyalahkannya, lebih baik kita lihat saja lalu diam. Biarkan mereka memakai cara mereka, tapi selama itu tidak bertentangan dengan syari'at (tapi berbeda dengan kebiasaan kita) maka biarkan saja. Biarkan dia memilih jalannya dan kita tetap di jalan kita. Sisanya serahkan kepada Allah Swt, lihat semua itu sebagai karunia dari Allah Swt untuk kita bahwa kita sudah ditunjukkan kekuasaan dan kebesaran-Nya lewat berbagai hal yang dilakukan ciptaan Allah Swt.

Kalau kita mempunyai kemampuan untuk menasehati agar mereka menjadi lebih baik lagi maka itu sangat dianjurkan.

Semua itu berakhir pada kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah Swt. Allah Swt Maha Suci maka bersyukurlah kepada Allah Swt kita dikaruniai berbagai hal yang sangat istimewa yang membuat kita makin sadar bahwa kita sesungguhnya sangat lemah, kita membutuhkan Tuhan. Lalu kita makin meyakini bahwa hanya Allah Swt yang patut disembah yaitu Allah Swt Yang Maha Besar. Semakin kita mengetahui lebih banyak hal lagi maka kita akan semakin merasa bodoh di hadapan Sang Maha Hebat Allah Swt, sungguh betapa Maha Agung Allah Swt yang menciptakan alam ini dengan semua kelengkapannya ini.

Subhanallah...alhamdulillah...la illaha illallah...Allahu akbar.

Sorenya kami sampai kembali ke Semarang.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.