Saturday, July 29, 2006

1 + 1

Assalamu'alaikum wr wb

Pagi itu, hari pertama bulan Rojab 1427, kami bangun terlambat, jam 4.05an! Sebentar lagi adzan subuh berkumandang. Padahal biasanya istri saya selesai mencuci hampir bersamaan dengan adzan subuh atau paling lama saat iqomat subuh, tentu saja kami mesti buru-buru agar tidak kesiangan, apalagi akhir-akhir ini air sumur tidak bisa dipompa karena menyusut, mesti ditimba dulu.

Setelah menimba air (istri saya mencuci pakaian) saya mandi, wudlu dan sholat subuh. Habis sholat saya baca rotib al-Haddad di samping anak saya yang sudah bangun, tidak rewel tapi malah senyam-senyum sendiri. Saya geser duduk saya tepat ke sebelahnya, saya lanjutkan bacaan saya dan sengaja saya perdengarkan ke dekat telinganya agar dia nanti jadi orang yang cinta habaib dsb.

Selesai rotib-an, dari dalam kamar terdengar di luar sana teman saya mengajari anaknya menyanyi lagu anak-anak,
"Satu-satu, aku sayang ayah...dua-dua, aku sayang ibu...tiga-tiga, sayang adik kakak...satu dua tiga, sayang semuanya..."

Eh, tiba-tiba saya pengen memodifikasi lagu itu, dan selesai. Kemudian saya nyanyikan buat anak saya yang sudah ada di pangkuan saya, tiduran sambil minum susu.

"...'Satu-satu, Uli (*) sayang Allah... Dua-dua, Uli sayang Nabi... Tiga-tiga, sayang Malaikat... Satu dua tiga, sayang semuanya...' Sayang bapak, sayang ibu, sayang mbah, sayang mbah buyut...", saya bernyanyi, lagu itu saya ulang-ulang terus biar anak saya hafal, lalu tanya siapa tho Allah itu, nah akan saya jawab kalau Allah itu Tuhan, baginda Muhammad itu Nabi dsb.

Saya tidak mau anak saya tidak tahu siapa Allah, seperti ketika suatu saat saya tanya seorang anak usia 3an tahun,
"Adeeek, tahu ndak siapa Allah?", tanya saya.

Anak itu menjawab dengan menggelengkan kepalanya. Saya tidak mau anak saya seperti itu, saya mau anak saya sudah tahu kalau Allah itu Tuhannya, baginda Nabi Muhammad itu Nabinya dsb. Yah paling tidak seperti itu...

"Ayo lik (**) lagi, satu-satu, Uli sayang Allah... dua-dua, Uli sayang Nabi... tiga-tiga, sayang Malaikat... satu dua tiga, sayang semuanya... satu-satu, Uli sayang Allah... dua-dua, sayang Rosulullah... tiga-tiga, sayang para Nabi... satu dua tiga, sayang semuanya...", ajak saya sambil terus bernyanyi.

Ketika istri saya masuk kamar selesai mencuci, saya ajak ikut bernyanyi, "Buk buk...nyanyi, buk...", dan, kami pun bernyanyi bersama.

Subhaanaka-llaahumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallahu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb


(*) : Uli adalah panggilan keluarga saya untuk anak saya Muhammad Haykal. Uli diambil dari kata Maulid, sebab anak saya lahir tepat tanggal 12 Robi'ul Awal 1427, MaULId...Uli. Tapi keluarga istri saya panggil anak saya Haykal.

(**) : Lik adalah panggilan untuk anak laki-laki di Jawa (Wuk untuk perempuan), ada juga yang lain yaitu Nang (Nok untuk perempuan). Seperti di Betawi menyebut anak laki-laki dengan Tong, atau Neng untuk perempuan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.