Monday, July 17, 2006

Umat Nabi Saw

Assalamu'alaikum wr wb

Selapanan pembacaan rotib al-Haddad dan kitab Simtud Durror di rumah ustadz Muhammad malam tadi bapak-bapaknya agak sepi, lebih banyak ibu-ibu.

Agak dingin...saya berjalan masuk dan duduk di belakang, anak istri saya agak jauh dari saya. Iya istri dan Haykal (anak saya) saya ajak hadir malam tadi, yah biar Haykal terbiasa hadir di majlis, biar suka ngaji nantinya.

"Kang, bib Thohir Barakbah ndak hadir ya?" tanya saya saat di depan belum masuk tadi ke sahabat saya.

"Ndak, ada acara di Kudus!"

"Lha bah Baidlowi dan bib Alwy Assegaf?"

"Sama, ada acara juga..."

Biasanya habis dibacakan rotib al-Haddad di awal acara, lalu kitab Simtud Durror, lalu ceramah oleh bah Baidlowi, tapi malam ini digantikan bib Idrus Assegaf, disampaikan bahwa umat Nabi Saw terbagi jadi tiga di hari akhir nanti :

1. Umat Nabi Muhammad Saw masuk surga tanpa hisab, yaitu yang benar-benar mengikuti syari'at Nabi Muhammad Saw, baik yang beliau Saw perintahkan dan yang beliau Saw larang, serta meninggalkan perkara-perkara yang tidak ada gunanya (yang terakhir ini disebut Nabi Saw sebagai sifat umat yang sempurna).

2. Umat Nabi Muhammad Saw datang ke hadapan ke Allah Swt dengan membawa dosa-dosanya dan kesalahan, tapi Allah Swt mengampuni dosa dan kesalahannya. Kenapa bisa begitu? Karena istighfar dan amal yang sedikit tapi terus bertambah (padahal kita bisa beramal karena rohmat Allah Swt).

Amal kita jauh lebih sedikit dari dosa kita, istighfar, taubatan nasuha, minta pada Allah Swt. Semoga dimudahkan menerima tanda-tanda kebesaran Allah Swt dengan washilah Rosulullah Muhammad Saw dan para salaf.

3. Umat Nabi Muhammad Saw datang saat kiamat dengan membawa dosa yang banyak, Nabi Saw bersabda bahwa rohmat Allah jauh lebih besar daripada dosa-dosa umat Nabi Saw, Allah Swt memerintah malaikat untuk menghiasi umat Nabi Saw sebab jenis ini hanya ada "Ashadu anla illaha illallah, wa ashadu anna muhammadurrosulullah", hanya ada syahadat di hati mereka...tidak punya amal baik sama sekali!

Termasuk yang mana ya, saya? Astaghfirullah...


...Astaghfirullah Robbal barooyaa...astaghfirullah minal khothooyaa...
"Aku memohon ampunan kepada Allah Tuhan segenap umat manusia, aku memohon ampunan kepada Allah atas semua kesalahan dan dosa."

(Salah satu bacaan yang ada di rotib al-Haddad, di buku "menyingkap rahasia rotib al-Haddad" dijelaskan bahwa dzikir ini sesuai firman Allah dalam QS al-Ghofir : 55, Hud ; 90, al-Anfal : 32 dan an-nisa : 110.)

Subhaanaka-llaahumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallahu a'lam bishshowabWassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.