Saturday, July 29, 2006

Bulan Rojab 4

Assalamu'alaikum wr wb

"Rosulullah Muhammad Saw lahir di bulan Robi'ul Awal, Robi' ini artinya musim semi, Awal itu pertama, jadi Robi'ul Awal = musim semi yang pertama, Robi'ul Tsani = musim semi yang kedua. Rosulullah Saw lahir di musim semi yang pertama, kenapa? Karena musim semi penuh dengan hawa kegembiraan, hewan-hewannya seger, tumbuh-tumbuhannya juga seger, penuh bunga-bungaan, anginnya kenceng tidak mengandung debu.", kata bib Ghozi Shihab menjelaskan di majlis Nurul Musthofa.

Beliau berpesan agar kita menghafal nama bulan-bulan dalam Islam untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Islam, "Kalau kita sudah tidak hafal lagi bulan-bulan Islam, lalu apa yang kita harapkan dalam Islam, apa ciri kita? Karena penting, Islam dimulai dari kecil-kecil seperti ini.".

Majlis diakhiri dengan pesan agar kita banyak-banyak beramal di bulan Rojab ini, banyak istighfar, paling pendek yaitu :
"Robbifirli warhamni watub alaiya." (70 x)
(Ya Allah ampunkan dosa-dosaku, sayangilah aku dan terimalah taubatku)

Kalau ada yang lain itu lebih baik. Atau dari baginda Rosulullah Saw yaitu :
"Astaghfirullahal'adzim aladzi laillaha illahuwalhayyu qoyumu wa'atubu ilaih." (100 x atau sebanyak-banyaknya)

Atau :
"Robbifirli waliwalidayya warhamhuma kamarobbayani shoghiro."
(boleh 3 / 7 / 11 / 33 / asal ganjil).

"Ini saja kalau tidak bisa yang panjang-panjang, sudah cukup!", kata beliau, "Lalu baca sholawat, shodaqoh, baca al-Qur'an, berpuasa tadi, hindari maksiat dan jangan lupa niatkan ingin apa di dunia ini (Allah pasti mengabulkan) karena istighfar ini salah satu pengkabulan hajat, itu hikmah istighfar, selain niat menggapai ridho-Nya Allah juga niat dunia."

Ada yang tanya tentang niat puasa, berikut jawaban bib Ghozi :
Niat puasa dibaca sehabis sholat Maghrib dan saat sahur. Dan habis sholat Maghrib, sholat sunnah dua kali, istighfar, sholawat dsb. Sedang bacaan niat puasa : Nawaitu shouma sunnata rojab, lillahi ta'ala. (Ya Allah sengaja aku berpuasa di bulan Rojab, karena Allah Ta'ala).

Subhaanaka-llaahumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallahu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.