Wednesday, July 12, 2006

Ular, Kyai dan Polisi

Assalamu'alaikum wr wb

"Aneh ya, biasanya di sungai ini ada ular? Kok sekarang tidak ada, kemana ya?" kata orang-orang keheranan di tepi sungai sebelah sana.

Sementara Ibu saya ada di jembatan cuma "setugel" ini, tidak sampai ke tepi sungai sebelah sana, putus di sekitar tengah-tengah sungai, berjalan sambil menyeret perahu kecil dengan tali. Beliau heran kok kuat ya menyeret perahu berat begitu, padahal biasanya tidak kuat, kali ini dengan ringannya beliau menyeretnya ke ujung jembatan.

Ibu berjalan ke ujung jembatan, ular yang dicari-cari mulai kelihatan, berenang meliuk-liuk ke arah Ibu saya. Anehnya, Ibu saya seakan hilang rasa takutnya. Beliau menghalau ular yang kira-kira sebesar 9an centi meter diameternya itu dengan perahu. Ular ke kanan, Ibu menggerakkan perahu ke kanan. Ular ke kiri, Ibu menggerakkan perahu ke kiri. Dan, benturan antara ular dan perahu berbunyi, "Taaakkk...!!!" keras...tiap kena perahu, bunyi, "Taaakkk...!!!"

Tapi tetap saja ular tidak mau pergi, bahkan Ibu saya berdo'a pun ular tidak mau pergi. Sampai akhirnya datang dari arah belakang Ibu dua orang yang seperti kyai dan seorang yang seperti polisi. Dua kyai itu berdo'a di belakang Ibu dan yang polisi membantu menghalau ular. Dan alhamdulillah berhasil, ular pergi!


Begitu Ibu saya menceritakan mimpi beliau saat beliau tidur siang hari tadi ke saya. Iya Ibu saya memang sering bermimpi...

"Artinya apa ya, Yus?" tanya beliau ke saya

"Wah, mboten ngertos, Buk!" jawab saya sambil membaca buku, "Nanti saya tanyakan ke yang tahu."

Hmmm...Ibu memang ada masalah yang belum selesai dengan seseorang, apa orang itu dikiaskan dalam mimpi beliau dengan ular itu? Lalu, apa maksud perahu, 2 kyai dan 1 polisi itu, ya?

"Dan jika kamu ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah pada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
(Q.S. Al-A'rof : 200)

Atau itu hanya godaan setan saja? Aduh saya tidak tahu, nantilah saya tanyakan dulu gimana kira-kira maksudnya...

Subhaanaka-llaahumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallahu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.