Saturday, July 29, 2006

Bulan Rojab 3

Assalamu'alaikum wr wb

Hikmah angka 4...

Bib Ghozi Ahmad Musthofa Shihab menjelaskan bahwa ada 4 bulan mulia yang dipilihkan Allah Swt untuk manusia,
"Jadi tradisi orang Arab itu kalau tiba bulan Rojab, mereka berhenti perang sama sekali meski sebelumnya mereka bermusuhan, meski tiap ketemu musuh langsung hantam saja tapi tiba bulan Rojab mereka dengan sendirinya mereka berhenti walau musuh mereka diam-diam saja."

Kenapa? Karena tradisi ini sudah ratusan tahun turun temurun bahwa tidak boleh dilanggar, mereka berkeyakinan barang siapa melanggar tradisi ini akan kena musibah. Itu keyakinan mereka! Ini sebenarnya bukan tradisi jahiliyah tapi ini sebenarnya tradisi dari Nabi Ibrohim As, Nabi Ismail As turun ke anak beliau turun sampai disempurnakan oleh Nabi Muhammad Saw.

Bulan Rojab ini mulia karena Allah memuliakannya, karena banyak keutamaannya di bulan Rojab.

Empat bulan mulia yaitu bulan Dzulqo'dah, Dzulhijah, Muharrom dan Rojab. Kenapa kok 4 bulan itu tidak berurut-urutan tapi bulan Rojab terpisah sendiri sedang 3 lainnya berurutan? Itu karena Allah Swt suka yang ganjil-ganjil...Dzulqo'dah, Dzulhijah dan Muharrom = 3 = ganjil. Rojab = 1 = ganjil. Karena Allah Maha Esa, Maha Tunggal, Allah Swt suka dengan yang ganjil. Ini mempunyai hikmah yang dalam.

Kemudian, diantara banyaknya Malaikat Allah Swt yang terkenal hanya 4 Malaikat terpilih, yaitu Malaikat Jibril, Isrofil, Mikail dan Izro'il. Keempat Malaikat itu pimpinan semua Malaikat.

"Ada seorang bertanya ke saya, 'Ya habib, Malaikat Izro'il kan pencabut nyawa, nah kalau gempa, tsunami kayak Acheh meninggal 100.000 ini gimana mencabutnya? Itu di Indonesia, lha di Eropa, di Amerika dsb?' Belum lagi jin dan makhluq lain yang dicabut oleh Malaikat Izro'il, gimana?", tanya bib Ghozi.

Diterangkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw bahwa Malaikat Izro'il mengangkangi antara bumi dan Arsy. Jadi mudah sekali untuk mematikan yang ada di bumi dsb, kekuasaan Malaikat Izro'il besar sekali, luar biasa!

"Kalau ndak kuat, pingsan kita melihat Malaikat! Ndak kuat manusia.", kata bib Ghozi, "Karena saking gemerlapannya Malaikat ini."

Malaikat Jibril 2 kali (pertama ketika turunnya wahyu pertama di gua Hiro', dan kedua ketika Nabi Saw di-Isro'-Mi'roj-kan) menampakkan wujud aslinya ke baginda Nabi Muhammad Saw, tapi secara total Malaikat Jibril turun ke Nabi Saw sebanyak 124.000 kali. Tidak seperti Nabi As lainnya, Nabi Isa As hanya ditemui 10 kali oleh Malaikat Jibril. Nabi Musa As sekian puluh kali.

Sayap Malaikat Jibril itu 400 buah sayap, satu sayap jika dibentangkan jaraknya antara barat timut bumi. Dahsyat! Ini baru malaikat, apalagi Yang Maha Pencipta Alah Swt, sungguh Maha Luar Biasa, Maha Perkasa dsb.

Kemudian, kitab yang diturunkan Allah Swt pun ada 4 kitab utama, yaitu kitab Taurot, Zabur, Injil dan al-Qur'anul Karim. Lalu diterangkan lagi, anggota wudlu juga ada 4 macam yang wajib, yaitu wajah, tangan, kepala dan kaki.

Kemudian kalimat tasbih yang utama juga ada 4 yaitu subhanallah, walhamdulillah, walaillaha illallah, Allahu akbar.

Lalu musim juga ada 4, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Juga suhu ada 4 yaitu panas, dingin, lembab dan kering.

Inilah diantaranya hikmah angka 4...

Bib Ghozi melanjutkan, "Jadi jangan dikira angka-angka itu ndak ada makna, semua bermakna, seperti angka 7 yaitu Allah Swt ciptakan langit tujuh lapis, bumi 7 lapis. Angka 6 juga, semua angka-angka ini untuk perhitungan manusia dan semua mempunyai hikmah."

Lalu angka 13 = angka sial?

"Yang tidak kita setujui adalah yang berkata angka 13 itu angka sial, sial darimana, semua angka di sisi Allah semuanya baik tidak ada yang sial, tidak ada satu pun sial, semuanya baik, semua diberi keistimewaan." jawab beliau.

Subhaanaka-llaahumma wa bihamdika, Asyhadu an-laailaahailla anta, Astaghfiruka wa atuubu ilaika...

Wallahu a'lam bishshowab
Wassalamu'alaikum wr wb

No comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan tanggapan Anda atas tulisan di atas.